Kain Perca Batik : Pengertian dan Cara Pemanfaatannya

Kain Perca Batik
Kain perca batik itu apa? Bagaimana cara memanfaatkan kain perca batik sehingga bernilai ekonomis tinggi? Yuk cari tahu jawabannya disini..

Foto disamping merupakan beberapa contoh kain perca batik pekalongan yang admin punya, dengan ukuran yang cukup lebar untuk bisa dimanfaatkan kembali menjadi kerajinan tangan.

Pengertian Kain Perca Batik

Kain perca batik adalah kain sisa produksi dari sebuah kain batik utuh yang sudah melalui proses pola. Sisa-sisa kain dari pola yang tidak digunakan inilah yang biasanya disebut kain perca, penyebutan kain perca batik karena bahan batik yang digunakan sebagai bahan utamanya, secara umum biasa disebut kain perca saja.

Dulu, kain perca batik tidak ada yang memanfaatkannya. Sehingga dibuang pun orang tidak akan mengambilnya, akan tetapi ditangan orang-orang kreatif yang tahu cara memanfaatkan limbah kain perca batik, kini kain perca batik sudah diperjualbelikan. Tidak lagi gratis seperti dulu.

Kain perca batik yang masih bisa dimanfaatkan yaitu kain perca batik dengan ukuran lebar minimal sebesar telapak tangan. Banyak kreasi/ karya yang bisa dihasilkan dari pemanfaatan kain perca batik ini. Kerajinan tangan yang bisa dihasilkan dari kain perca batik antara lain selimut kain perca batik, kalung dari kain perca batik, bunga dari kain perca batik, aksesoris dari kain perca batik, baju dari kain perca batik, hiasan dinding dari kain perca batik, bros kain perca batik, tas kain perca batik, kerajinan tempat pensil dari kain perca dan masih banyak produk-produk lain dari kain perca batik.

Jika memungkinkan, pada artikel berikutnya akan kami bahas juga tutorial kreasi kain perca, bagaimana cara membuat kerajinan tangan dari kain perca batik seperti contoh-contoh yang sudah disebut diatas termasuk cara membuat dompet dari kain perca batik, cara membuat model tas kain perca terbaru dan lain-lain.

Harga Kain Perca Batik

Dengan semakin banyak produk yang dihasilkan dari pemanfaatan kain perca batik ini, kini harga kain perca batik pun semakin tinggi. Seperti yang telah disinggung diatas, penentuan harga jual kain perca batik dikelompokkan berdasarkan ukurannya. Semakin lebar kain perca batik, semakin mahal harganya. Hal ini dikarenakan semakin lebar kain perca batik maka semakin mudah dalam mengkreasikannya.

Setelah dikelompokkan berdasarkan ukurannya, kain perca batik biasanya dijual dengan sistem kiloan/ per kilo. Dengan harga yang lumayan menjanjikan, ada orang-orang yang khusus menjadikannya sebagai usaha menjual kain perca batik kiloan, tidak hanya loundry saja yang kiloan kan..? Heheheee...

Selain mengurangi limbah, ditangan orang-orang kreatif ini juga, semakin terbuka lapangan pekerjaan baru. Penjualan barang-barang kreasi dari kain perca batik ini pun ternyata bisa menembus pasar luar negeri, maka dari itu usaha ini pun cukup diperhitungkan.

Demikian sedikit informasi tentang cara memanfaatkan kain perca batik, limbah yang awalnya tidak bernilai menjadi barang yang bernilai ekonomis tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat menambah pengetahuan anda tentang memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai.
LihatTutupKomentar