Motif Batik Pekalongan : Pengertian, Sejarah, Ciri Khas, Makna, Filosofi dan Penjelasannya

Motif Batik Pekalongan
Motif batik Pekalongan, banyak hal yang bisa dibahas mengenainya. Beberapa diantaranya mengenai pengertian/ apa itu motif batik pekalongan?, sejarah, ciri khas, makna, filosofi dan penjelasannya.

Pengertian motif batik Pekalongan

Apa arti dari motif batik pekalongan? Yang dimaksud dengan motif batik pekalongan adalah motif batik yang berasal dari kota Pekalongan - Jawa Tengah, tempat dari motif batik ini berasal. Biasa juga disebut batik pesisir, karena letak geografis kota Pekalongan yang berada di pesisir pantai utara pulau Jawa.

Begitu pun motif batik daerah lain, disebut dengan nama daerah masing-masing seperti motif batik solo, motif batik jogja dll. Penyebutan ini lebih memudahkan sekaligus menjadi penanda dari mana motif batik tersebut berasal.

Sejarah motif batik Pekalongan

Sejarah motif batik pekalongan tercatat banyak dipengaruhi oleh budaya dari luar yaitu budaya dari Arab (Islam) dan budaya dari tionghoa yang terjadi pada masa lalu. Sebelumnya, mayoritas masyarakat Pekalongan selalu membuat motif batik dengan meniru antara satu dan lainnya. Jadi sebenarnya masyarakat Pekalongan memiliki imajinasi dan kreatifitas yang tinggi, mengapa? Karena masyarakat Pekalongan dituntut untuk bisa menciptakan motif batik pekalongan terbaru agar tidak disamai oleh yang lainnya.

Menurut sumber lain, pengusaha batik asal Belanda juga turut berkontribusi atas perkembangan motif batik pekalongan. Dengan kreatifitasnya, dia berhasil mengarahkan terciptanya motif-motif baru batik pekalongan dan salah satunya menjadi motif batik yang terkenal di pekalongan.

Ciri Khas Motif Batik Pekalongan

Motif batik Pekalongan mempunyai ciri khasnya sendiri, ciri khas ini tidak lepas dari sejarah batik Pekalongan itu sendiri yang dipengaruhi oleh beberapa faktor.

1. Menggunakan Pewarna Soga
Ciri khas batik Pekalongan yang pertama yaitu menggunakan pewarna soga. Apa itu pewarna soga? Pewarna soga adalah pewarna kain batik yang alami karena berasal dari tumbuh-tumbuhan baik itu dari kulit kayu maupun akar tumbuhan. Namun sepertinya penggunaan warna alami sudah semakin jarang, mengingat prosesnya yang jauh lebih rumit dibanding penggunaan warna tekstil.

2. Memiliki Warna-warna Cerah
Ciri khas batik Pekalongan yang kedua yaitu warna-warna yang cerah. Beberapa warna tersebut antara lain merah, biru, hijau, violet dan orange.

3. Mayoritas Bermotif Bunga
Ciri khas batik Pekalongan yang berikutnya yaitu motif batik yang mayoritas menggunakan motif bunga. Meskipun motif bunga juga sudah umum digunakan di daerah lain, namun yang membedakan motif bunga pada motif batik pekalongan yaitu motif bunganya lebih kecil dibanding motif bunga dari daerah lain. Dengan ukuran motif bunga yang kecil, membuat pemakai yang mempunyai ukuran tubuh besar menjadi terlihat lebih langsing.

4. Menggunakan Teknik Garis dan Titik
Ciri khas batik Pekalongan yang terakhir adalah banyak menggunakan teknik garis dan titik. Penggunaan garis dan titik pada motif batik pekalongan disebabkan pengaruh budaya luar terhadap perkembangan motif batik tersebut diantaranya budaya tionghoa dan budaya arab.

Inilah mengapa motif batik pekalongan disebut unik, karena motif ciri khas-nya ternyata tidak luput dari pengaruh budaya luar dan teknik pewarnaan menggunakan bahan alami pada awal-awal sebelum pewarna tekstil muncul seperti sekarang.

Nama Motif Batik Pekalongan, Makna, Filosofi dan Penjelasannya

Ada 3 motif batik Pekalongan yang sudah sangat melegenda karena keberadaannya sudah turun-temurun dari dulu dan masih sangat diminati konsumen. Apa saja motif batik tersebut..?

1. Motif Batik Jlamprang

Motif batik jlamprang sangat dipengaruhi oleh budaya Islam, di dalam Islam dilarang menggambar makhluk hidup. Untuk itulah motif jlamprang terdiri dari titik, kotak, lingkaran dan bentuk-bentuk lain yang membentuk geometris.

Selain itu warna cerah menjadi ciri khas lain dari motif jlamprang, bisa dua warna atau lebih. Meskipun berupa titik dan bentuk-bentuk dasar yang geometris, namun pola yang terbentuk memiliki makna yang mendalam.

Motif batik jlamprang merupakan motif batik pekalongan yang terkenal karena salah satu motif batik pekalongan yang mudah digambar selain itu motif batik jlamprang juga menjadi ikon motif batik Pekalongan karena motif batik yang satu ini memang sudah sangat familiar di masyarakat sejak dahulu.

Motif Batik Jlamprang
Beberapa contoh motif batik jlamprang

2. Motif Batik Liong

Jika motif batik jlamprang sangat dipengaruhi oleh budaya Islam, sesuai dengan namanya motif batik liong sangat dipengaruhi oleh budaya Tiongkok. Melalui etnis tionghoa yang menetap di Pekalongan, mereka ikut berkontribusi dengan terciptanya motif batik liong ini berdasar dari makhluk imaginer ular naga dan burung phoenix.

Menurut mitologi Tiongkok, kedua makhluk tersebut merupakan simbol dari kesuburan, kemakmuran dan kebaikan. Dengan motif batik liong, diharapkan bisa memberi pengaruh yang sama kepada penggunanya. Begitulah filosofi dari motif batik liong.

Motif Batik Liong
Beberapa contoh motif batik liong

3. Motif Batik Semen

Berbeda dengan dua motif batik Pekalongan sebelumnya, motif batik semen merupakan motif batik klasik dari Pekalongan. Penampilannya hampir mirip dari motif batik semen dari Jogja maupun Solo, perbedaannya terletak pada tidak terdapatnya motif cecak pada motif batik semen Pekalongan.

Motif batik semen berupa pola yang membentuk gambar daratan dengan berbagai makhluk dan tumbuhan didalamnya termasuk burung garuda. Secara filosofi diartikan bahwa burung garuda yang gagah mampu bertahan dengan kondisi apapun, dan hal itulah yang diharapkan bagi siapapun pemakainya bisa memiliki keteguhan hati yang kuat.

Motif Batik Semen
Beberapa contoh motif batik semen


Demikian informasi mengenai motif batik Pekalongan, mulai dari pengertian, sejarah, ciri khas, makna, filosofi dan penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat menambah wawasan anda mengenai motif batik Pekalongan.
LihatTutupKomentar